Wednesday, June 28, 2023

PELATIHAN PEMANDU WISATA ALAM SUSUR GOA DI KABUPATEN SORONG

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sorong telah melaksanakan Pelatihan Pemandu Wisata Alam Susur Goa yang di selenggarakan pada tanggal 15-16 Mei 2023 di Hotel Aimas Sorong. Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan SDM Pemandu Wisata Alam Susur Goa.

Pelatihan Pemandu Wisata Alam Susur Goa

Pelatihan tersebut dibuat untuk pemandu wisata yang ada di Sorong. Kabupaten Sorong mempunyai banyak tempat -tempat wisata alam yang mempunyai daya tarik tersendiri sehingga bisa dikembangkan menjadi atraksi wisata unggulan seperti sumber air panas dan goa alam di Klaili Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya. Goa alam Klaili dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau roda ampat dengan Jarak tempuh 1 jam. 

Pada pelatihan tersebut, peserta mendapatkan pengetahuan mengelola tour singkat Geowisata satu hari yang meliputi:

  • Mempersiapkan tour
  • Melaksanakan tour
  • Menyelesaikan aktivitas pasca tour
  • dan juga pengetahuan profesi Pramuwisata.

Kepala bidang Destinasi Dinas Pariwisata Kabupaten Sorong, Ibu Dina Titin Sumarni, S.PI. mengucapkan banyak terima kasih kepada DPD HPI provinsi Papua Barat yang bisa memberikan pelatihan dan membagi pengetahuan kepada peserta dengan baik.

Di samping itu juga, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Sorong, Bpk. Nico Salossa, S.E.  mengatakan Destinasi Wisata Klaili yaitu Goa alam dan dan sumber air panas perlu di jaga dengan baik oleh masyarakat sehingga bisa mendapatkan maaf ekonomi dari kunjungan wisata. 

Praktek Lapangan Pelatihan Pemandu Wisata Alam Susur Gua di Klaili

Ketua DPD HPI Provinsi Papua Barat pada kunjungan praktek dengan peserta di Klaili dan bertemu dengan masyarakat pemilik hak Ulayat mengatakan; "Mari kita jaga warisan warisan kekayaan alam yang Tuhan ciptakan ini dengan baik untuk sekarang dan waktu yang akan datang sebagai karya ciptaan Tuhan yang harus dipelihara untuk wisata alam yang berkelanjutan."

Peserta mengikuti pelatihan ini dengan baik dan mendapatkan sertifikat pelatihan pemandu wisata alam oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sorong sebagai bukti Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Alam Susur Goa. 

Ditulis oleh Matias Rumbruren, DPD HPI provinsi Papua Barat

No comments:

Post a Comment