Sunday, June 26, 2022

HPI Presentasikan Program Strategis Pembangunan Pariwisata Kepada Pejabat Gubernur Papua Barat

Wakil Ketua DPD HPI Papua Barat Yansen Saragih, SS., M.Par. baru saja mempresentasikan Program Strategis HPI Dalam Membangun Pariwisata Pasca Pandemi Covid-19 Sebagai Solusi Peningkatan Ekonomi Daerah kepada Pejabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol. (Purn.) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si. 

Kegiatan presentasi tersebut dilaksanakan di Amban Beach House pada siang hari, Minggu 26 Juni 2022 dalam sebuah kegiatan dialog santai yang dihadiri oleh Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Yayasan Anak Air Pulau Papua (YAAP), dan beberapa komunitas yang berkecimpung dalam dunia kepariwisataan, olahraga bahari dan pelestarian lingkungan hidup. 

Masih berkaitan dengan pengembangan pariwisata di Papua Barat, General Manager Travel Papua Anggi Sengkerij memaparkan mengenai berbagai aktivitas promosi di sejumlah pameran wisata di beberapa negara di Eropa yang telah dilakukan untuk mendatangkan wisatawan ke Tanah Papua. Menurut Anggi, keikutsertaan Papua Barat dalam sejumlah ajang promosi pariwisata adalah hal yang penting dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Tanah Papua. "Para pemandu di lapangan, selain harus mendapat sertifikasi kompetensi, mereka perlu dibekali juga dengan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mereka dalam melayani wisatawan, tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PSOI Papua dan Papua Barat Theo Oldet menyampaikan sejumlah kegiatan yang telah dilakukan PSOI, seperti berpartisipasi dalam eksebisi PON di Jayapura pada akhir September 2021 yang lalu, dan penyelenggaraan kompetisi Selancar Ombak Memperingati Hari Kartini pada April tahun 2022 . Theo Oldet mengutarakan pula kepada Pejabat Gubernur tentang rencana PSOI dalam menyelenggarakan beberapa kegiatan olahraga untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia pada tahun 2022 ini dan Kompetisi Selancar Ombak Tingkat Internasional di Provinsi Papua Barat. 

Ketua Yayasan Anak Air Pulau Papua (YAPP) Agus Rumbewas yang turut hadir dalam dialog dengan Pejabat Gubernur mengatakan bahwa pihaknya selama ini membina para atlit olahraga bahari, baik yang masih aktif maupun yang telah lewat usia prestasinya dalam berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pelestarian alam pesisir, seperti pembersihan sampah, pelepasan tukik dan penanaman terumbu karang. Agus Rumbewas meminta pemerintah untuk membentuk pasukan biru demi menjaga kebersihan perairan dan pantai di Papua Barat dari sampah. "Kalau di darat ada pasukan kuning, ada baiknya juga di laut dibentuk pasukan biru," kata Agus Rumbewas kepada Pejabat Gubernur Papua Barat.

Menanggapi aspirasi dari para peserta yang hadir, Pejabat Gubernur mengatakan bahwa pihaknya saat ini sengaja turun ke lapangan untuk melihat berbagai masalah di masyarakat guna dicarikan solusinya oleh pemerintah. 

Acara dialog santai di Pantai Amban tersebut diakhiri dengan sesi foto bersama para peserta yang hadir dan Pejabat Gubernur Papua Barat. LCR-DPD HPI PB.

No comments:

Post a Comment