Sunday, June 5, 2022

PPSDM GEOMINERBA GELAR DIKLAT PENGENALAN GEOPARK DI MANOKWARI

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi Mineral dan Batubara  (PPSDM GEOMINERBA) baru saja menggelar pelatihan tentang Pengenalan Geopark di Manokwari. Kegiatan ini berlangsung di Swissbel Hotel. Pelaksanaan DIKLAT Pengenalan Geopark ini berlangsung dari 30 Mei - 3 Juni 2022 dan dihadiri sekitar 50 peserta dari kalangan mahasiswa, para anggota IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia) serta beberapa pengurus DPD HPI Papua Barat berdomisili di kota Manokwari. 

diklat pengenalan geopark
Pelatihan Pengenalan Geopark oleh PPSDM GEOMINERBA di Manokwari
Tampil sebagai pembicara utama adalah Dr. Antoni Ungirwalu, S.Hut. M.Sc. dari Universitas Papua yang menyajikan materi seputar Keanekaragaman Hayati dan Budaya serta Ir. Oki Oktariadi, M.Si. yang menyajikan berbagai materi yang berhubungan dengan keanekaragaman geologi, pengenalan tentang geopark dan geowisata. 
Selain mendapat materi dalam bentuk teori, diklat ini memasukkan pula agenda kegiatan berupa kunjungan lapangan ke hutan Taman Wisata Alam Gunung Meja dan Pantai Batu Papan. Di Gunung Meja, peserta melihat berbagai jenis tumbuhan, salah satunya adalah daun bungkus, serta kegunaannya dalam kehidupan masyarakat serta menjelajahi gua alam Fusataro Teshima. Di Pantai Batu Papan, peserta diklat mendapat penjelasan singkat mengenai proses terangkatnya bebatuan gamping berbentuk papan dan kegunaan beberapa jenis tanaman pantai. 


Para peserta mengikuti seluruh rangkaian diklat dengan penuh semangat dan mengharapkan di masa datang agar PPSDM GEOMINERBA bersedia menyelenggarakan lagi pelatihan serupa untuk meningkatkan kapasitas para ahli geologi dan para pemandu wisata di Papua Barat. CR-DPD HPI PB

No comments:

Post a Comment