Sunday, June 12, 2022

PELATIHAN PEMANDU ECOPARK

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sorong baru saja menyelenggarakan Pelatihan Pemandu Ecopark dari tanggal 10-12 Juni 2022. Pelatihan ini diberikan kepada para pemuda dan pemudi yang berasal dari sejumlah kampung di Kabupaten Sorong. 

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Daerah, Kabupaten Sorong - Ibu Dina Titin Sumarni, S.Pi. - dalam sambutan pembukaan kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Ecopark mendorong serta memberi motivasi kepada peserta untuk dapat mengikuti kegiatan dengan penuh semangat agar bisa memajukan distrik dan kampung masing-masing yang memiliki keunggulan potensi wisatanya.

pemandu ecopark kabupaten Sorong
Pelatihan Pemandu Wisata Ecopark di Kabupaten Sorong

Pelatihan ini menyajikan pembicara pertama dari DPD HPI PAPUA BARAT Alfa Ahoren, S.Tr.Par. yang membahas mengenai berbagai atraksi wisata alam di Papua Barat seperti di Raja Ampat dan Teluk Cendrawasih yang menarik banyak wisatawan domestik maupun mancanegara sehingga bisa dijadikan sebagaj inspirasi untuk pengembangan Wisata Ecopark di Kabupaten Sorong. Pembicara kedua  adalah Charles Roring, S.T., seorang pemandu, yang memaparkan materi tentang Ecopark, aspek lingkungan serta pariwisata berkelanjutan yang perlu diketahui oleh para pemandu.

Setelah pemaparan teori, pelatihan dilanjutkan dengan praktik lapangan di Kawasan Wisata Hutan Mangrove di Klawalu didampingi oleh panitia dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sorong dan kedua pemateri dari DPD HPI Papua Barat.



Para peserta mengikuti tahapan-tahapan pelatihan dengan penuh semangat baik teori maupun praktek lapangannya. 

Acara pelatihan diselingi tarian yospan oleh peserta dan panitia serta akhirnya ditutup dengan sesi foto bersama.  AA & CR DPD HPI PB.

No comments:

Post a Comment