Sunday, July 26, 2020

Pemrov Papua Barat dan HPI Akan Mempromosikan Pantai Weyos Sebagai Obyek Wisata Unggulan di Papua Barat

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ProvinsiBProvinsi Papua Barat  Yusak Wabia, S.Sos., M.Si. dan Ketua DPD HPI Papua Barat, Matias Rumbruren, S.S. saat berdiskusi tentang pengembangan wisata
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua Barat, Yusak Wabia, S.Sos., M.Si. akan membantu promosi dan penyediaan sejumlah fasilitas seperti homestay dan toilet di Pantai Weyos Kabupaten Tambrauw. Hal ini dikemukakannya setelah menghadiri Upacara Adat Buka Sasi pada 25 Juni 2020. Menurutnya ketersediaan fasilitas pendukung tersebut akan memudahkan masyarakat untuk memberikan pelayanan terhadap wisata dengan baik.
Ketua DPD HPI Papua Barat Matias Rumbruren mengatakan bahwa organisasinya akan membantu mempromosikan pantai Weyos sebagai obyek wisata unggulan di Papua Barat. Hal ini ia kemukakan setelah menghadiri Upacara Buka Sasi di Pantai Weyos, Kabupaten Tambrauw. Sasi adalah kearifan masyarakat adat untuk melindungi alam, dan memberi kesempatan kepada hewan maupun tumbuhan di suatu kawasan guna berkembang dan memulihkan populasinya.
Pemandangan Pesisir Pantai Utara di Kabupaten Tambrauw
Selama sasi berlangsung, masyarakat lokal sepakat untuk tidak mengeksploitasi hasil laut maupun hasil hutan di wilayah sasi.
Acara buka sasi tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Tambrauw - Mesak Metusalak Yekwam, S.H.; serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua Barat - Yusak Wabia, S.Sos., M.Si.
Foto bersama pihak pemerintah, gereja dan masyarakat adat saat upacara buka sasi di Pantai Weyos
Ibadah Ucapan Syukur dipimpin oleh Ketua Klasis Abun Pdt. Christian Beay  dan Majelis GKI di Tanah Papua dari Distrik Saukorem. Setelah ibadah selesai, kegiatan buka sasi dilakukan dengan prosesi pemberkatan perairan pantai Weyos.
Mama Dina Sundoi selaku Ketua Kelompok Masyarakat Pengawasan Biota Laut dan Darat sekaligus pemilik hak ulayat di Pantai Weyos menyatakan ucapan syukur dan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintah yang telah ikut menghadiri upacara buka sasi tersebut.
Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua Barat, Bpk. Yusak Wabia mengatakan bahwa pemerintah akan berusaha untuk membantu pengembangan kawasan hutan dan pantai Weyos sebagai obyek wisata di Papua Barat.
Ketua DPD HPI Papua Barat, Matias Rumbruren, menyatakan bahwa HPI siap mempromosikan Weyos ke dunia internasional sehingga bisa menarik wisatawan. Namun demikian, perjalanan wisata ke Weyos hanya bisa dilakukan jika Standard Operational Procedure (SOP) untuk New Normal telah dikeluarkan oleh pemerintah, dan juga ketika pemerintah telah mengizinkan lagi masuknya wisatawan asing ke Papua Barat.
Weyos adalah kawasan pesisir pantai utara Kabupaten Tambrauw yang terletak berdekatan dengan pantai peneluran penyu belimbing. Wilayah ini memiliki kawasan hutan hujan tropis yang lebat dan merupakan habitat alami bagi berbagai spesies burung, hewan dan tumbuhan tropis Papua. Ditulis oleh Charles Roring

1 comment:

  1. The machine energy button is positioned within the upper-left corner on the control face. When purchasing the small X7 CNC mill, you can to|you probably can} choose from the controller selection of LNC or Baby Bottle Warmers . Alter the small X7's settings from anywhere and anytime using the wireless work probe. The SYIL X7 has a 20 Bar by way of spindle cooling system obtainable with our ever HSK spindles. This by way of spindle cooling system increases the X7's performance by delivering coolant within the needed locations. The rapid small CNC X7 mill's cooling system immediately lowers the machine's temperature.

    ReplyDelete