Saturday, July 25, 2020

Indahnya Pantai Wisata Ketapang Lima di Teluk Wondama

Pantai Wisata Ketapang Lima adalah salah satu spot wisata yang sangat eksotis yang terletak di tengah-tengah Kota Wondama.
Pantai Ketapang Lima di Teluk Wondama
Nama Ketapang Lima memang identik dengan jumlah pohon ketapang (Terminalia catapa) yang tumbuh berjejer di tepi pantai yang berjumlah lima pohon. Pantai yang telah memiliki berbagai sarana prasarana pariwisata ini telah dikembangkan sejak tahun 2014. Hingga saat ini, Pantai wisata yang terletak di Kampung Maniwak Distrik Wasior ini paling ramai dikunjungi pada saat weekend dan hari libur.

Selain memiliki pantai berpasir halus dan laut yang teduh, spot wisata ini juga memiliki pemandangan lepas pantai yang sangat indah. Dengan pengelolaan berbasis masyarakat, pantai wisata Ketapang Lima kini menjadi tempat berwisata terfavorit bagi masyarakat Teluk Wondama.
Gazebo di Pantai Ketapang Lima
Kedepannya, spot wisata ini perlu beberapa sentuhan tambahan sesuai dengan kebutuhan, seperti perlunya membangun los jualan, pendopo, mendekor pantai dan memperbaiki beberapa pondok-pondok yang sudah mulai ada kerusakan dibeberapa bagian bangunannya. Selain itu, pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sebagai kelompok pengelola pariwisata berbasis masyarakat juga perlu segera dilakukan.



Hal ini penting agar peran serta masyarakat setempat lebih baik lagi dalam pengelolaan dan peningkatan pendapatan tidak hanya bagi masyarakat sekitar lokasi tapi juga untuk Pendapatan daerah dari sektor pariwisata. Ditulis oleh Yansen Saragih

No comments:

Post a Comment