Monday, August 3, 2020

Mahasiswa Penggiat Pariwisata Manokwari Selesaikan Studi Sarjana


Manokwari, Papua Barat - Tujuh orang mahasiswa penggiat pariwisata yang tergabung  dalam komunitas Mahasiswa Peduli Pariwisata (MPP) berhasil lulus dan mendapat gelar Sarjana dalam prosesi wisuda online tanggal 29 Juli 2020 di Aula Universitas Papua. 
Mahasiswa Peduli Pariwisata

Mereka adalah Natalia Baransano S.S, Inseren Krey S.S, Maria Febriani Komul S.S, Anna Wopari, S.S, Yuliana Keribo S.S, dan Tiyara Aini Adzani S.S. Ketujuh pegiat pariwisata ini, bersama-sama dengan teman-teman lainnya dan bekerja sama dengan pengurus DPD HPI Papua Barat, terlibat dalam berbagai kegiatan pengembangan pariwisata di daerah Kabupaten Manokwari dan sekitarnya. Hal ini mereka laksanakan di sela-sela kesibukan belajar di kampus Universitas Papua. Beberapa program kerja yang berhasil dilaksanakan adalah: kegiatan pengembangan Pantai Wisata Petrus Kafiar di Amban Pantai tahun 2018; Pengembangan wisata alam Gua Teshima di Gunung Meja pada tahun 2018; turut serta dalam penyelenggaraan Pelatihan Kepariwisataan di Kabupaten Manokwari Selatan pada tahun 2019; dan yang terakhir adalah pengembangan Pantai Wisata Sra Oseri di Pulau Mansinam di penghujung tahun 2019. 
Mahasiswa Peduli Patiwisata dan Ketua DPD HPI PAPUA BARAT

Selain terlibat di komunitas MPP, mereka juga aktif dalam dunia kepemanduan wisata. Beberapa diantara mereka bahkan telah memegang lisensi kepemanduan yang berstandar nasional. Hal ini tentu sangat memberikan warna tersendiri bagi mereka karena selain telah meraih gelar sarjana, mereka juga sudah memiliki sertifikat kompetensi kepemanduan wisata berstandar nasional yang bisa dijadikan modal bekerja sebagai pramuwisata/tour guide. 
Komunitas Mahasiswa Peduli Pariwisata saat membersihkan Gua Teshima Fusataro
Komunitas MPP berfoto bersama saat pembersihan obyek wisata Gua Fusataro Teshima di Gunung Meja, Manokwari

“Sebuah kebanggaan melihat mereka berhasil menempuh pendidikan dan meraih gelar sarjana walaupun mereka harus membagi waktu dengan kegiatan – kegiatan pengembangan pariwisata yang sangat banyak. Selain bangga saya juga sangat berterima kasih kepada mereka semua karena mereka mau melibatkan diri dan mendedikasikan waktu serta pengetahuan mereka untuk membantu masyarakat dan pemerintah dalam mengembangkan pariwisata di Papua Barat” tutur Pembina MPP Yansen Saragih, S.S., M. Par., yang juga adalah seorang akademisi di Universitas Papua.
Peresmian Pantai Wisata Sra Oseri
Pantai Wisata Sra Oseri yang pembersihan dan pendekorasiannya dikerjakan oleh komunitas MPP, bekerja sama dengan masyarakat setempat dan DPD HPI Papua Barat serta kemudian diresmikan oleh pemerintah.

Ketua DPD HPI Papua Barat, Matias Rumbruren, S.S., pada kesempatan terpisah, memberi apresiasi kepada komunitas MPP atas kerja keras mereka dalam ikut membangun kepariwisataan di Papua Barat serta mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang baru diwisuda tersebut. Ia berharap komunitas Mahasiswa Peduli Pariwisata akan terus bermitra dengan HPI di masa-masa mendatang. 

No comments:

Post a Comment