Friday, June 9, 2023

DPD HPI PAPUA BARAT BAHAS PENGEMBANGAN GEOWISATA

DPD HPI Papua Barat baru saja  menyelenggarakan diskusi awal lewat zoom meeting, dengan pemandu senior Adi Susanto yang berdomisili di Jogja, mengenai pengembangan geowisata. Sebagai seorang praktisi dalam industri pariwisata, Adi Susanto lebih dikenal dengan sebutan Andi Volcano. Ia telah puluhan tahun memandu wisatawan domestik maupun mancanegara ke berbagai wilayah Indonesia, termasuk ke Tanah Papua. Kebanyakan dari wisatawan yang dipandunya adalah para ahli geologi, atau wisatawan yang menaruh minat khusus terhadap gunung api.
Diskusi awal lewat zoom meeting bersama praktisi Geowisata Andi Volcano

Diskusi lewat internet ini, dilaksanakan pada 9 Juni 2023, jam 21:15 sampai 22:36 Waktu Indonesia Timur, dan dipandu oleh Sekretaris DPD HPI Papua Barat - Ibu Ailin Yarangga. Selama diskusi, Andi Volcano menjelaskan tentang tahapan-tahapan yang perlu dilakukan oleh DPD HPI Papua Barat dalam upaya mengembangkan geowisata, mulai dari pendataan berbagai situs geowisata, penyusunan penjelasan ilmiahnya mengenai proses terjadinya suatu situs geologi tertentu, hingga pada pembuatan proposal yang diperlukan untuk pelaksanaan pelatihan kepemanduan bagi para pramuwisata, dan promosi ke jaringan travel agent geowisata di seluruh dunia. 
Dalam diskusi itu, DPD HPI Papua Barat mulai mendapat gambaran mengenai kerja-kerja lapangan yang harus dilaksanakan terutama yang berkaitan dengan pendataan situs geologi di sekitar kota Manokwari seperti berbagai gua alam, hingga ke kawasan karst di Purup, sumber air panas di Pulau Roswar, dan formasi bebatuan purba di daerah Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat.
 
Kabupaten Teluk Wondama
Situs Sumber Air Panas di Pulau Roswar, Kabupaten Teluk Wondama

Ketua DPD HPI Provinsi Papua Barat, Matias Rumbruren, mengatakan bahwa diskusi-diskusi online mengenai pengembangan geowisata akan dilaksanakan secara teratur minimal sebulan sekali, atau lebih sering lagi, dengan melibatkan praktisi lapangan seperti Andi Volcano, yang memiliki pengalaman kepemanduan selama puluhan tahun, dan pengetahuan akademik di bidang geologi.  
CR-DPD HPI PB

No comments:

Post a Comment