Wednesday, June 28, 2023

PELATIHAN PEMANDU WISATA ALAM DI KAMPUNG YEMBEKIRI DISTRIK RUMBERPON KABUPATEN TELUK WONDAMA

Dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM Pariwisata di Kampung Yembekiri Distrik Rumberpon, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Teluk Wondama melaksanakan pelatihan Pemandu Wisata Alam bekerja sama dengan DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Papua Barat dan DPC HPI Kabupaten Teluk Wondama.


kepemanduan wisata alam
Foto Bersama Para Peserta Pelatihan dan Dinas Pariwisata Teluk Wondama
Pelatihan Pemandu Wisata Alam
Pelatihan Pemandu Wisata Alam

Pelatihan tersebut dilaksanakan tanggal 22-24 Juni 2023 di Kampung Yembekiri Distrik Rumberpon. Pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Matias Rumbruren, S.S. dari DPD HPI Provinsi Papua Barat dengan materi pertama Pengetahuan Dasar Profesi Kepemanduan Wisata dan Materi kedua mengenali dan menggunakan beberapa alat kerja dalam kepemanduan Ekowisata, khususnya pengamatan satwa liar (wildlife). Tujuan dari Pelatihan ini adalah peserta mendapatkan pengetahuan dasar pemanduan wisata (guiding), bagaimana cara membentuk diri menjadi pemandu wisata, hal-hal apa saja yang harus dikuasai oleh seorang pemandu wisata, pengetahuan public speaking serta pengetahuan etika dalam memandu wisatawan.

Pada pelatihan yang sama, Ketua DPC Himpunan Pramuwisata Teluk Wondama, Rio Albertho Suabey, S.E. memberikan pelatihan dengan topik Merencanakan, Mempersiapkan dan Melaksanakan Pemanduan Ekowisata. 

Adapun sasaran dari pelatihan ini adalah:

  • Peserta mengetahui dan memahami hal-hal umum tentang profesi kepemanduan (guiding)
  • Peserta mengenal beberapa alat kerja dalam melaksanakan kepemanduan
  • Peserta tahu bagaimana merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan pemanduan ekowisata
  • Peserta mengetahui dan memahami bagaimana merencanakan menerapkan kegiatan yang berdampak negatif rendah terhadap lingkungan dan sosial budaya.
  • Peserta mengetahui dan memahami cara menyiapkan dan menyajikan informasi ekowisata.

Acara pembukaan dihadiri oleh Wakil Bupati Teluk Wondama, Kepala Distrik Rumberpon, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Teluk Wondama dan para peserta pelatihan.

Ketua DPD HPI Papua Barat, Matias Rumbruren, S.S. saat sedang memberikan materi pelatihan tentang pemandu wisata alam

Dalam sambutan Wakil Bupati Teluk Wondama, ia mengatakan bahwa pelayanan dan pembangunan SDM Pariwisata sangat diperlukan, oleh sebab itu Pemerintah Daerah harus menyiapkan destinasi yang ada di Pulau Rumberpon yang strategis dan tata kelola yang baik begitu juga SDM yang disiapkan harus mempunyai pengetahuan yang luas dan harus mengetahui karakteristik daerah. Pemandu wisata harus jujur dan disiplin dalam melayani wisatawan, wakil bupati juga mengatakan bahwa pemandu wisata adalah sesuatu yang dibanggakan dan dapat menciptakan lapangan kerja dan turut menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

Praktek Lapangan Pelatihan Kepemanduan Wisata Alam

Pada kesempatan yang sama Anthon Suabey, S.IP. - Kepala Bidang Objek dan Sarana Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Teluk Wondama mengatakan bahwa output dari pelatihan ini, peserta yang ikut nantinya mampu menjalankan tugasnya sebagai sebuah profesi dan berhasil membangun citra pariwisata yang baik di mata wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kegiatan pelatihan pemandu wisata alam diikuti oleh 45 peserta dengan baik dari hari pertama hingga hari terakhir dengan praktek lapangan dari  Kampung Yembekiri ke Pulau Nusrowi dan penuh semangat. Oleh Matias Rumbruren DPD HPI provinsi Papua Barat.

No comments:

Post a Comment