Thursday, November 28, 2019

Berwisata ke Pulau Um

Malaumkarta adalah nama sebuah kampung di pantai utara Kabupaten Sorong. Kampung ini sudah terkenal sebagai lokasi wisata bahari. Di perairan Malaumkarta ada Pulau Um. Wisatawan yang berkunjung ke sana bisa melihat kelelawar yang bergelantungan di dahan-dahan pohon. Jumlahnya bisa mencapai ribuan ekor. 
Pulau Um dilihat dari Pantai Malaumkarta
Pantai Malaumkarta dan Pulau Um di kejauhan
Momen Pergantian
Saat Matahari terbenam, ribuan kelelawar itu akan terbang meninggalkan pohon-pohon menuju daratan utama Papua. Mereka pergi mencari makan. Tidak lama berselang, burung-burung pantai akan hinggap di pohon-pohon setelah seharian penuh mencari ikan di laut dan sepanjang pesisir pantai Tanah Papua. 
Wisata bahari ke kampung Malaumkarta
Pulau Um di Kampung Malaumkarta, Kabupaten Sorong
Hal sebaliknya juga terjadi pada pagi hari sekitar jam 06.00 saat matahari terbit. Burung laut akan terbang meninggalkan pulau dan kelelawar akan terbang kembali ke Pulau Um.
Di Pulau Um sendiri kadang-kadang ada penyu yang mendarat untuk bertelur. Perairan Pulau Um jernih dan cocok untuk wisatawan yang ingin berenang sambil melihat terumbu karang dan ikan tropis yang berwarna-warni.
Wisatawan perlu membawa peralatan snorkeling sendiri jika ingin melihat terumbu karang. Ada perahu milik warga yang bisa disewa untuk berkunjung ke Pulau Um dan juga untuk melihat terumbu karang yang ada di perairan Malaumkarta. 
Perairan Malaumkarta adalah habitat alami bagi Ikan Dugong. Ikan ini tergolong sebagai ikan yang langka dan harus dilindungi. Oleh karena itu, wisatawan saat berkunjung ke sana agar menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke laut.
Kelelawar Bergelantungan dan beterbangan di Pulau Um
Wisatawan yang tertarik dengan keanekaragaman flora dan fauna bisa menjelajahi hutan yang ada di Malaumkarta. Di pesisir pantai ada hutan bakau. Di sana wisatawan bisa mengamati banyak spesies burung dari Dollarbird dan Torressian Crow, Beach Kingfisher, Sacred Kingfisher, Olive-backed Sunbird,  hingga Hooded Butcherbird. Hutan pegunungan dan lembah yang ada di sebelah selatan kampung Malaumkarta adalah habitat alami bagi bermacam spesies burung, hewan mamalia dan hewan marsupial hingga reptil dan serangga. Berbagai spesies pohon juga tumbuh di sana.

Kontak
Jika Anda tertarik untuk berwisata ke Pulau Um dan ke Kabupaten Sorong, silahkan menghubungi Ketua DPC HPI Kabupaten Sorong Michael Mobalen ke nomor: +62 813 4336 5573

No comments:

Post a Comment