Thursday, November 7, 2019

Pelantikan Pengurus DPC HPI Pegunungan Arfak

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Papua Barat, Matias Rumbruren, S.S., baru saja melantik Krif Indow sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang HPI Kabupaten Pegunungan Arfak. Pelantikan tersebut berlangsung di aula Kantor Bupati Pegaf pada hari Jumat 7 November 2019, jam 11.00 pagi waktu setempat.
Hadir dalam acara ini, Bupati Kabupaten Pegunungan Arfak Yosias Saroi, S.H., M.H.; Kasi Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat Disbudpar Prov. Papua Barat Rozene Sanchia Patay; dan sejumlah jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Pegaf. 
Ketua DPD HPI Papua Barat memberi selamat kepada Ketua DPC HPI Pegunungan Arfak
Ketua DPD HPI Provinsi Papua Barat dalam sambutannya  mengatakan bahwa, HPI adalah organisasi profesi non-politik dan mandiri pramuwisata yang bermitra dengan pemerintah untuk mengembangkan kepariwisataan di daerah ini. HPI sebagai ujung tombak di lapangan dalam melayani para wisatawan akan bekerja keras mempromosikan berbagai potensi wisata yang ada di Pegunungan Arfak guna meningkatkan jumlah wisatawan yang datang. 
Ketua DPC HPI Pegunungan Arfak saat sedang memberi sambutan
Pada kesempatan yang sama, Ketua DPC terpilih menyatakan bahwa ia dan pengurus HPI Pegaf yang baru saja dilantik akan bekerja sama dengan DPD HPI Papua Barat dan Pemkab Pegaf untuk mengembangkan kepariwisataan di Pegunungan Arfak.
Bupati Kabupaten Pegunungan Arfak saat memberi sambutan dalam acara pelantikan
Pengurus DPC HPI Pegunungan Arfak 2019-2024
Dalam kata sambutan di acara pelantikan itu, Bupati Kabupaten Pegaf mengatakan bahwa pemerintah daerah sedang mempersiapkan infrastruktur seperti pengaspalan jalan di sepanjang kawasan pegunungan, dan perpanjangan lapangan terbang di Anggi agar pesawat sejenis ATR bisa mendarat sehingga jumlah wisatawan yang ke Pegunungan Arfak bisa lebih banyak lagi.
Pembangunan infrastruktur tersebut mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat ketika Presiden Indonesia Joko Widodo berkunjung ke Pegunungan Arfak akhir bulan Oktober yang lalu.
Danau Anggi - salah satu daya tarik wisata utama di Pegunungan Arfak
Di samping itu pula, Bupati berharap agar DPC HPI Kabupaten Pegunungan Arfak sebagai wadah baru yang terbentuk bisa bersama-sama pemerintah mempromosikan potensi wisata seperti Danau Anggi, gua alam, air terjun, beraneka ragam bunga, dan berbagai spesies burung. Ia menambahkan pula bahwa keunikan budaya masyarakat Arfak seperti tari-tarian, rumah kaki seribu, tradisi pembuatan minyak buah merah bisa menarik lebih banyak wisatawan baik domestik maupun manca-negara ke Pegunungan Arfak. Dia juga berharap  bahwa, dengan adanya HPI di Pegunungan Arfak, masyarakat tidak lagi menjadi penonton, tapi juga ikut berperan langsung dalam melayani wisatawan supaya bermanfaat secara ekonomi buat kehidupan mereka. Oleh: Charles Roring

No comments:

Post a Comment