Thursday, November 21, 2019

HPI FAKFAK DIHARAPKAN BERMITRA DENGAN PEMERINTAH

Kamis, 21 November 2019 21:11 WIB
Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Manokwari (ANTARA) - Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) kabupaten Fakfak resmi terbentuk dan diharapkan bermitra dengan pemerintah daerah untuk mempromosikan pariwisata Fakfak ke dunia internasional.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah HPI Provinsi Papua Barat, Matias Rumbruren di Manokwari, Kamis, mengatakan bahwa Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia kabupaten Fakfak resmi terbentuk dan pengurusnya telah dilantik pada 20 November 2019 guna mendukung kemajuan pariwisata Fakfak.

Dia berharap HPI kabupaten Fakfak yang dinahkodai oleh Prayogo Kusuma dapat menjalani kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah terutama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk sama-sama memajukan pariwisata daerah tersebut.

Menurut dia, pemerintah kabupaten Fakfak terutama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sangat menyambut baik terbentuknya DPC HPI Fakfak. Hal tersebut akan memudahkan pengurus DPC Fakfak guna menjalani kerjasama mempromosikan destinasi wisata yang ada di daerah tersebut agar dikenal banyak orang.

"Saya harapkan pula pengurus DPC HPI Fakfak sebagai ujung tombak pariwisata setempat bekerja dengan baik dan berlandaskan pada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi. Serta mengutamakan kode etik pramuwisata dalam menjalankan tugas," ujarnya.

Ketua DPC HPI kabupaten Fakfak Prayogo Kusuma yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan bahwa pihaknya akan menjalani kerjasama dengan pemerintah daerah terutama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk mempromosikan potensi wisata Fakfak baik itu wisata bahari maupun budaya.

Ia mengungkapkan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Fakfak telah mengatakan akan melibatkan HPI dalam program-program kerja pengembangan pariwisata yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat dan peningkatan pendapatan asli daerah.

"Kami siap mendorong pemerintah daerah untuk peningkatan pariwisata agar sektor tersebut mendatangkan pendapatan daerah yang terbesar bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Fakfak," ujarnya.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Fakfak, Marthen Ronold Wouw berharap DPC HPI Fakfak menjadi mitra kerja inti untuk sama-sama menggali potensi pariwisata setempat agar benar-benar bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Menurut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Fakfak akan melibatkan HPI dalam setiap program non fisik terutama program pembinaan dan pelatihan untuk peningkatan sumber daya manusia pariwisata.

"Kami juga akan melibatkan HPI dalam penyusunan rencana pembangunan pariwisata sehingga kehadiran HPI benar-benar berkontribusi untuk kemajuan pariwisata di Kabupaten Fakfak," tambah dia.

Editor: Ernes Broning Kakisina

COPYRIGHT © 2019 ANTARA News Papua Barat

No comments:

Post a Comment