Thursday, November 28, 2019

DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia Kabupaten Sorong Dilantik

Sorong (ANTARA) - Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia  Kabupaten Sorong dilantik oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah Provinsi Papua Barat Matias Rumbruren di Sorong, Kamis (28/11).
Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Sorong yang dinakhodai oleh Maichel Mobalen merupakan DPC keenam di Provinsi Papua Barat.
Prosesi Pelantikan Pengurus DPC HPI Kabupaten Sorong Kamis 28 Nov. 2019
(Foto ANTARA Papua Barat/ Ernes)
Ketua DPD HPI Papua Barat Matias Rumbruren mengatakan bahwa pelantikan pengurus DPC HPI Kabupaten Sorong salah satu langkah maju bagi pariwisata Papua Barat sebab HPI adalah wadah himpunan pemandu wisata yang merupakan ujung tombak pariwisata.
Dia mengatakan bahwa pramuwisata atau pemandu wisata adalah bagian strategis dari pengembangan pariwisata sebab pramuwisata berhubungan langsung dengan wisatawan untuk memberikan informasi tentang kekayaan alam dan budaya daerah.
Karena itu, Matias berharap ketua dan anggota DPC HPI Kabupaten Sorong yang telah dilantik bersinergi dan membantu pemerintah daerah untuk mempromosikan potensi pariwisata setempat.
Ia berharap pula kepada pemerintah daerah Kabupaten Sorong agar memberikan dukungan terhadap pengurus DPC HPI yang telah terbentuk dalam menjalankan tugas sebagai pramuwisata.
"Kami pun berharap pemerintah daerah melakukan berbagai pelatihan kepemanduan wisata bagi DPC HPI setempat untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. Selain itu melibatkan mereka dalam setiap program pengembangan pariwisata setempat," ujarnya.
Staf ahli Bupati Sorong Bidang SDM Dr. Wa Ode Likewati yang memberikan keterangan terpisah, memberikan apresiasi atas hadirnya DPC HPI Kabupaten Sorong untuk membantu pemerintah daerah dalam mengembangkan pariwisata.
Ia menyampaikan bahwa pemuda dan pemudi Suku Moi, Kabupaten Sorong, yang menjadi pramuwisata harus bangga karena dengan profesi tersebut akan mengembangkan kemampuan dan kualitas seseorang, terutama kemampuan berbahasa asing.
Dia berjanji akan menyampaikan kepada Bupati selaku pengambil kebijakan agar putra-putri Moi yang telah dilantik menjadi pengurus DPC HPI mendapat perhatian, terutama peningkatan kualitas sumber daya manusia.
"Kami sementara mengembangkan Kampung Inggris di Kabupaten Sorong dan kami akan memberikan tempat bagi DPC HPI Kabupaten Sorong beraktivitas di Kampung Inggris tersebut," ujarnya.
Ketua DPC HPI Kabupaten Sorong Maichel Mobalen mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung hingga pelantikan berjalan dengan sukses.
"Selaku Ketua DPC HPI Kabupaten Sorong, saya akan bekerja keras memajukan organisasi HPI serta membantu pemerintah daerah memajukan pariwisata kabupaten Sorong," kata dia.
Acara pelantikan pengurus DPC HPI Kabupaten Sorong dihadiri pula oleh Ketua dan pengurus DPC HPI Kabupaten Raja Ampat serta Ketua dan pengurus DPC HPI Kabupaten Tambrauw sebagai daerah tetangga guna memberikan dukungan.
Editor: Ernes Broning Kakisina
COPYRIGHT © 2019 ANTARA News Papua Barat

No comments:

Post a Comment