Thursday, November 28, 2019

Wisata Belanja Suvenir di Kota Sorong

Di kota Sorong ada beberapa toko Suvenir yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin membeli cendera mata. Salah satunya adalah Toko Souvenir Khas Papua: YASWAR PAPUA yang terletak di Jalan A. Yani, Klademak 1, Tembok Berlin, kota Sorong.
Toko Cendera Mata Yaswar Papua di kota Sorong
Toko Cenderamata Yaswar Papua di Tembok Berlin, Kota Sorong  Foto: C.R.
Ada bermacam-macam cendera mata yang bisa dibeli di Toko Yaswar Papua mulai dari noken, t-shirt, ukir-ukiran, replika perahu mansusu, kalung, gelang hingga asbak rokok. Sudah banyak wisatawan yang berkunjung ke Toko Yaswar Papua. Mereka datang ke toko tersebut untuk membeli cendera mata yang akan dibagi-bagi ke teman dan keluarga mereka.
Di samping terminal kendaraan umum Sorong - Tambrauw, di Kilo 12 ada juga sejumlah kios yang menjual berbagai cenderamata khas Suku Mooi yang dibuat oleh warga masyarakat dari Kampung Noken. Siapa saja bisa membeli cendera mata di sana. Kios-kios tersebut berada di lokasi yang rindang karena ada banyak pohon yang tumbuh di sekitarnya.
Kios - kios Cendera Mata di Kilo 12 Kota Sorong
Di kios-kios ini ada berbagai jenis cendera mata yang bisa dibeli antara lain tas anyaman kulit kayu, perkakas tradisional untuk menokok sagu, menyaring papeda dan memasak papeda. Ada juga obor tradisional yang terbuat dari gulungan daun yang dililit tali rotan serta yang di atasnya diberi serbuk damar. Obor ini dipakai masyarakat ketika belum ada listrik di kampung mereka.
Tas anyaman kulit kayu - Foto: C.R
Obor Tradisional Suku Mooi di Kabupaten Soronf
Kota Sorong adalah pintu gerbang untuk wisatawan yang ingin bepergian ke Lembah Klasow, Kepulauan Raja Ampat, serta Pegunungan Tambrauw.
Ditulis oleh C.R.

No comments:

Post a Comment